free components and galleries
Monday, October 8, 2012


Jilidtiga – Pada artikel sebelumnya “tips dan trik nge-blog” saya telah menyinggung tentang menentukan tema blog. Namun karna tema blog adalah pilar penting dalam kesuksesan suatu blog maka kali ini akan saya ulas lagi secara terperinci.

Tema blog adalah ide pokok suatu blog yang menceritakan gambaran informasi yang tersedia di suatu blog. Ada dua tema dalam mencitrakan sebuah blog yaitu tema umum dan tema khusus. Tema umum adalah tema yang mencakup banyak ide dan tidak ada nya keterkaitan antara artikel artikelnya. Tema khusus adalah tema yang dari awal artikel hingga akhir artikel menggambarkan satu ide pokok. Contoh tema umum seperti teknologi dan tema khusus adalah aplikasi android, laptop terbaru, dan sebagainya.

Sebaik baiknya blog adalah blog yang memiki tema berinformasi khusus. Jika mengaji mengapa orang menggunakan internet salah satunya adalah mencari informasi. Dan jika anda memiliki blog bertema khusus pastilah para pemirsa akan betah berlama lama diblog anda. Karna pemirsa akan lebih senang dengan blog yang memiliki informasi yang mereka cari secara terperinci. Contohnya adalah blog jilidtiga ini. Jilidtiga memiliki tema khusus membangun blog dari awal hingga akhir. Jika terdapat artikel berkaitan tentang jaringan dan teknologi itu hanya sekedar bonus bagi pembaca. Blog seperti inilah yang disebut dengan nhice blog.

Berikut ini adalah sumber ide tema untuk anda semoga bisa jadi referensi dalam mencari sebuah tema.

1. Hobby.

Menjadikan hobby anda sebagai tema blog adalah ide termudah yang mungkin bisa anda fikirkan. Apabila anda menekuni suatu hobby dan menguasai hobby tersebut bisa dijadikan acuan membuat sebuah blog. Misalkan anda memiliki hobby memasak atau suka mencoba masakan masakan baru dan banyak yang memuji akan kehebatan anda memasak. Hobby tersebut bisa anda jadikan tema blog anda yang berisi resep dan tips dalam memasak.

Anda memiliki hobby memancing, anda mengerti teknik memancing serta tempat tempat yang biasanya memliki jumah ikan yang banyak. Hobby tersebut juga bisa anda jadikan tema blog anda yang berisikan teknik memancing, tempat yang pernah anda kunjungi untuk memancing ataupun alat alat pancingan yang menjadi recomendasi anda.

Hobby dengan teknologi pun bisa anda jadikan referensi untuk membuat blog dengan pembahasan yang lebih khusus lagi. Seperti saya yang memiliki hobby blogging dan belajar sesuatu tentang blogging menjadikan saya sebagai seorang funder jilidtiga yang bertemakan tentang blogging. (khususnya blogging di blogger.com).

2. Pariwisata.

Anda tinggal di daerah yang banyak memiliki objek wisata itu pun bisa anda jadikan referensi untuk tema blog anda. Anda bisa menceritakan tempat tempat tujuan wisata daerah anda ataupun wisata kuliner daerah anda. Blog anda juga bisa menjadi program daerah dan mungkin pemerintah daerah anda tertarik menjadi sponsor untuk blog anda.

Apabila anda seorang yang biasa bepergian keluar kota seperti seorang traveling atau utusan tempat kerja anda setiap bulanya. Jadikan setiap perjalanan anda sebagai tema blog anda. Setidaknya anda pernah mengunjung daerah daerah yang menjadi referensi yang anda dengar. Ini bisa jauh lebih menarik karna anda dapat menceritakan tempat tempat kunjugan anda menjadi sumber informasi untuk para pembaca mencari tempat liburan.

3. Pekerjaan.

Anda adalah seorang pemilik atau pegawai disebuah toko handphone. Anda bisa membuat blog yang berisikan informasi handphone terbaru seperti harga, fitur kelebihan, dan kekurangannya. Para pemirsa anda mungkin akan menjadikan blog anda sebagai referensi sebelum membeli handphone terbaru.

Anda adalah seorang teknisi komputer atau teknisi motor. Pastilah anda mengerti apasaja yang menjadi kerusakan sebuah komputer dengan spesifikasi kendalanya. Anda bisa menceritakan dan berbagi informasi tentang kerusakan kerusakan dan bagaimana penangannya.

Anda adalah seorang motivator. Berprofesi motifator pun bisa dijadikan tema untuk blog anda. Anda memiliki kata kata atau mampu menceritakan cerita cerita yang memotifasi orang lain merupakan tema blog yang sangat bagus. Dari blog inilah mungkin anda akan di bajiri order acara karna mereka tahu bagaimana anda memotivasi orang lain dari artikel di blog anda.

4. Proggram study.

Anda adalah seorang mahasiswa jurusan politik dan biasa membahas politik di keseharian anda. Jurusana anda bisa anda jadikan tema dalam membuat sebuah blog dengan menceritakan kondisi politik daerah anda dengan pandangan anda sendiri. Bagaimana tren politik saat ini, bagaimana politik menjelang pemilihan kepemimpinan, bagaimana pendapat anda terhadap partai politik. Namun ingat ide ini jangan anda jadikan media provokasi dan berargumenlah dengan bahasa yang baik.

Anda adalah seorang mahasiswa komputer dan anda memilki kemampuan dalam bahasa pemograman atau yang berhubungan dengan komputer. Anda memiliki trik trik berhadapan dengan komputer bisa anda jadikan tema untuk blog anda.

Anda adalah seorang mahasiswa farmasi yang mengerti tentang obat obatan herbal bermanfaat untuk kesehatan. Anda bisa membuat blog dengan menceritakan pengetahuan anda tentang obat obatan herbal yang untuk pembaca pencari informasi tentang obat obat herbal.

5. Pengalaman.

Anda adalah seorang pedagang yang memiliki pengalaman dalam berdagang atau anda jeli melihat peluang peluang usaha. Anda mempunyai trik trik dalam mengembangkan suatu usaha atau menjadikan suatu usaha menjadi sukses. Pengalaman anda tersebut bisa anda jadikan tema dan anda ceritakan untuk orang orang yang mencari informasi membuat usaha.

Anda memiliki banyak pengalaman tentang lamaran kerja. Pengalaman anda bisa anda jadikan tema blog anda seperti trik dan tips sukses melamar kerja, tes yang sering dihadapkan saat melamar kerja, cara membuat surat lamaran yang baik, atau memberikan informasi informasi lowongan pekerjaan.

Anda sering kali berpacaran dan memiliki banyak pengalaman dengan seorang wanita. Pengalaman ini pun bisa anda jadikan tema untuk blog anda. Seperti bagaimana menaklukan hati seorang wanita, bagaimana mencuri perhatian mereka, bagaimana mencari pacar yang baik, menciptakan kata kata romantis dan lain sebagainnya.

6. Memanfaatkan kemampuan orang lain.

Jika ide ide diatas tidak ada satupun yang dapat anda kuasai mungkin saatnya anda memikirkan ide diluar diri anda. Carilah seseorang disekitar anda yang memiliki kemampuan yang dapat di jadikan tema blog anda. Ajaklah mereka bekerja sama membuat blog bersama anda dan jadikan partner anda dalam membangun sebuah blog. Contohnya teman anda ada yang suka menulis cerita lucu atau cerita pendek atau anda memiliki teman yang hobby photografi. Sediakan mereka wadah untuk meluapkan semua karya mereka dan bekerjasamalah dengan mereka.

Tips saya adalah dari sekian ide yang saya jabarkan diatas bayangkan tema apa yang mungkin bisa anda kuasai. Buatlah judul judul yang mungkin bisa anda tulis di sebuah kertas lalu urutkan semua ide tersebut agar terlihat keterkaitan antara ide ide tersebut. Lihat berapa banyak judul yang mungkin bisa anda tulis dan nilai apakah tema itu cocok untuk anda. Semoga bermanfaat.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Search This Blog

Bantu menyebar luaskan jilid tiga melalu like facebook anda

Video Minggu Ini

Popular Posts

Adsense IndonesiaAdsense Indonesia

Fanspage Jilidtiga