free components and galleries
Wednesday, October 10, 2012


Jilidtiga – Salah satu bahasan saya pada artikel sebelumnya adalah “home sweet home” yang berarti buatlah nyaman diri anda di blog anda sendiri. Membuat nyaman diri anda sendiri berarti juga membuat nyaman pengunjung anda. Salah satu yang membuat nyaman adalah design template anda.

Design template adalah tampilan blog anda yang mewakili profesionalnya sebuah blog. Mungkin anda pernah bermain ke blog dengan tampilan norak, tajam dan tidak enak dipandang. Apa pendapat anda? Benar, tema dan artikel blog adalah hal yang utama namun imbangi juga dengan design blog agar blog anda tidak di pandang murahan.

Ada 3 cara dalam mendesign blog sendiri,

1. Menggunakan design blog bawaan blogger.
2. Menggunakan design instan.
3. Menggunakan design buatan sendiri.

Menggunakan design blog bawaan blogger.

Blogger.com sendiri sebenarnya telah menyediakan template sendiri bagi penggunanya. Walaupun tidak banyak template yang ada namun anda bisa dengan mudah untuk mengkreasikan nya dengan warna, tata letak ataupun widget yang ada. Keuntungan menggunakan template bawaan ini adalah ringan saat di browsing karna widget dan script nya tidak terlalu banyak link keluar.

Ada 3 menu penting pada blogger.com untuk mengedit blog anda. Tata letak, perancangan template versi antarmuka dan versi script html. Pilihlah salah satu template yang disediakan lalu cobalah utak atik versi menjadi versi anda sendiri melalui perancangan template. Anda bisa menambahkan gambar backgroun dari komputer anda sendiri. Mengganti warna latar atau jenis tulisan blog. Atau anda juga bisa mengubah ukuran lebar blog dan bentuk tata letak yang anda inginkan. Jika anda pintar dalam menggunakan coding html anda bisa menambahkan css pada pilihan cssnya.


Seimbangkan perancangan template anda tadi pada menu tata letak. Ubah posisi widget atau menambahkan widget tambahan untuk blog anda. Klik tambah gadget dan pilih gadget yang anda ingin kan. Anda juga bisamenambahkan gedget anda sendiri atau gedget versi temuan di internet. Untuk postingan berikutnya saya akan menshare coding mempercantik blog yang telah saya coba. Terus simak blog ini ya.


Untuk menu terakhir adalah menggunakan script html. Untuk versi ini saya menyaran kan untuk tidak mengutak atik dulu bagi anda yang belum terbiasa. Untuk cara ini anda harus berhati hati karna bisa bisa blog anda tidak tampil. Pada artikel selanjutnya saya akan share menggunakan teknik ini.

Silahkan coba teknik di atas dan lihat bagaimana kreatifnya anda. Tips saya lihat lah blog blog lain sebagai referensi ide anda. Selamat mencoba.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Search This Blog

Bantu menyebar luaskan jilid tiga melalu like facebook anda

Video Minggu Ini

Popular Posts

Adsense IndonesiaAdsense Indonesia

Fanspage Jilidtiga