free components and galleries
Sunday, October 7, 2012



Jilidtiga – Sebelum anda membuat dan menekuni sebuah blog sebaiknya ada beberapa hal yang harus anda simak terlebih dahulu. Pada postingan sebelumnya saya telah menerangkan “mengapa bermain blog itu menyenangkan?”. Bisa dikatakan bahwa saat ini saya penulis jilidtiga sangat kecanduan menjadi seorang blogger. Bukan sekedar mampu dan mulai paham dengan blogger namun karna saya sudah masuk ke tahap cinta dan mencintai menjadi seorang blogger.

Kali ini saya akan memberikan tips dan trik untuk anda yang pernah membuat blog ataupun anda yang belum pernah sekalipun membuat blog.

1. Kenali engine gratis blog anda.

Untuk masa saat ini tidak bisa dihitung lagi jumlah masyarakat yang sangat ketergantungan dengan namanya internet. Apapun informasi yang ingin diketahui siap tersedia di internet dan sering kali kita di arahkan pada site yang masih berbau blog gratis maupun berbayar. Jika anda pintar dan kritik pasti anda akan berfikir bagaimana mereka menciptakan dan memulai site-site itu semua dan anda akan berfikir “saya ingin juga membuat sebuah blog”. Pernahkah anda berfikir seperti itu? Jika ia anda termasuk seorang yang pintar, menurut saya.

Jika anda ingin mulai menjadi blogger, tahap pertama yang harus anda lakukan adalah mengenal engine – engine gratis yang banyak tersedia saat ini. Apapun itu blogger.com, wordpress.com, jomla, drupal ataupun engine gratis lainya sebaiknya anda mengenal itu terlebih dahulu. Sangat lucu bukan jika anda mengaku menjadi blogger namun anda tidak mengenal engine gratis anda? Untuk anda yang baru dan awam tentang blog saya sarankan untuk memulai di blogger.com. Bisa anda baca artikel “membuat blog di blogger.com” versi jilidtiga, semoga awal yang bermanfaat untuk anda.

2. Tentukan tema dan topik blog anda.

Selagi anda belajar mengenai engine blog gratis ada sebaiknya anda mulai memikirkan tema dan topik blog yang akan anda buat. Jika anda ingin menjadi blogger propesional, tema dan topik blog adalah tiang dasar kesuksesan blog anda dimasa akan datang. Karna banyak blogger yang berhenti nge-blog karna tema dan blog yang salah mereka pilih.

Jawab pertanyaan ini !

a. Apa hobby anda? olahraga? membaca? Pacaran? Memasak? Atau apapun itu bisa anda jadikan topik blog anda.

b. Hobby apa yang benar benar anda kuasai? Teknik ini? Teknik itu? Yang penting adalah anda harus menguasainya.

c. Apa anda mampu bercerita dan menulis dengan topik hobby anda tersebut? Anda tidak harus jadi penulis hebat untuk itu namun bahasa anda mampu di pahami oleh orang lain.

Bagaimana menjawab itu semua? Tentukan sebuah tema, contohnya memasak (topik umum) atau masakan cina (topik khusus). Bayangkan judul judul tulisan apasaja yang sekiranya mampu anda buat dari tema tersebut dan catat setiap judul yang terbayang di sebuah kertas. Lalu urutkan setiap judul judul tersebut agar adanya keterkaitan antara judul satu dan yang lainya. Lihat berapa banyak yang mungkin bisa anda tulis dan nilai sendiri apakah tema itu cocok untuk anda.

3. Mulailah menulis artikel anda.

Belajar tentang engine blog gratis sangatlah gampang. Kenapa seperti itu? Anda cukup meluangkan waktu beberapa hari untuk mengenal engine tersebut. Apalagi blogger.com, engine gratis satu ini memiliki fitur fitur yang menarik dan frendly untuk digunakan. Sebaliknya, menentukan tema blog yang mungkin membutuhkan waktu agak lama. Karna jika anda menentukan tema asal asalan, saya yakin anda akan menjadi blogger bloggeran saja atau yang lebih parah menjadi seorang copasgan.

Setelah semua tips diatas terpenuhi, mulailah menulis artikel anda. Bacalah beberapa kali tulisan anda sendiri sebelum anda mempublikasikannya untuk mengindari bahasa yang susah dimengerti dan susunan huruf yang salah. Seperti kata saya sebelumnya anda tidak harus menjadi pujangga besar atau penulis dunia untuk menjadi blogger. Anda bisa menggunakan cara penulisan anda pribadi dengan stuktur bahasa yang mudah dimengerti.

4. Sisihkan waktu anda.

Ada beberapa blogger yang mampu melakukan tips dan trik di atas namun blog mereka tetap saja mati dengan alasan “saya tak punya waktu”. jika anda ingin jadi profesional dibidang blog, anda tidak harus berhenti bekerja ataupun duduk seharian di depan komputer. Anda tetap bisa melakukan kegiatan wajib harian seperti biasa dan memanfaatkan waktu luang untuk mengurus blog anda. Sisihkan waktu anda itu adalah peryataan yang tepat untuk anda yang beralasan seperti diatas.

Memang sebaiknya anda menulis setiap hari namun itu tidak mesti dilakukan. Jika anda tidak mempunyai banyak waktu luang, anda bisa menulis 2 atau 3 kali seminggu. Namun jika anda ingin tulisan anda terpublikasi setiap hari dan waktu luang anda tidak banyak anda bisa menggunakan trik saya ini, “tabung artikel anda”. Saat anda mempunyai waktu luang buatlah 2 atau lebih artikel untuk dipublikasi. Namun ingat jangan dipublikasi semuanya dalam satu hari tapi sisihkan untuk hari hari berikut saat anda tidak bisa menulis. Yakinlah bahwa blog anda akan tetap eksist walaupun anda seorang yang sibuk.

5. Jangan cuma copy paste.

Menjadi seorang blogger berarti menjadi seorang pembuat artikel baik itu tulisan maupun gambar dan video. Seorang blogger tidak bisa disamakan dengan seorang copy paste atau sering disebut copasgan (copy paste gantung ) yang membuat artikel hasil search di mesin pencari. Saya sangat tidak menyarankan anda menjadi copasgan karna itu tidak membuat anda belajar. Sebagian besar copasgan tidak mengerti dengan artikel yang mereka publikasikan. Apapun alasan anda berusalah untuk menulis artikel asli anda sendiri dan berbangga lah anda mampu menulis sendiri.

Saya tidak melarang anda belajar dari artikel orang lain karna merekalah sumber anda belajar seperti blog jilidtiga ini. Adapun anda ingin memungut tulisan orang lain sebaiknya anda berikan sumber link atas terima kasih anda terhadap tulisan mereka. Jika anda mempunyai karya sendiri, pasti anda tidak akan senang tulisan ada di jiplak bulat bulat oleh orang lain dan di klaim menjadi tulisan mereka. Tips saya adalah pelajari cara mereka dan ungkapkan dengan bahasa anda sendiri sesuai dengan hasil pembelajaran dan praktek anda. Itu semua akan dihargai dimata pembuat blog lain serta pengunjung blog anda.

6. Belajar dari blog lain.

Jika anda seorang yang baru di dunia blog ada baiknya anda sering mengunjungi blog blog lain. Bukan untuk mengcopy artikel mereka tetapi anda bisa banyak belajar dari blog blog mereka. Saat pertama saya membuat blog, saya sangat buta akan hal hal dalam blogging seperti mempercantik blog, menambahkan script ini itu, dan setelah sekian lama anda dapat saya yakinkan jika anda tetap mengikuti blog ini anda akan saya pandu menjadi seorang yang mungkin lebih daripada saya dibidang blog.

Bagaimana saya berani meyakinkan anda? Karna saya telah memikirkan artikel artikel yang akan saya bagi ke anda selanjutnya. Darimana saya belajar itu semua? Semua saya pelajari dari menjelajah ke blog blog lain. Lihatlah desain blog mereka, widget apa yang mereka pasang, bagaimana mereka membuat semua itu. Untuk saat ini anda bisa dengan gampang mencari di mesin pencari tentang kebutuhan anda dalam nge-blog. Namun jika anda malas mencari cari, tetap ikuti artikel blog ini dan simpan nama blog ini menjadi site favorit anda.

7. Home sweet home.

Buatlah diri anda nyaman di blog anda sendiri. Pengunjung blog anda tidak akan nyaman diblog anda jika anda si pemilik pun tidak nyaman. Maksud saya adalah buatlah blog anda frendly bagi pengunjung dan mesin pencari. Buatlah blog anda enak dipandang dan kreatif. Belajar dan belajar lagi untuk mewujudkan semua itu. Jika anda seorang yang sangat antusias dan ingin selalu cepat belajar, anda bisa search di google.

Tips saya adalah dalami tips dan trik di atas, dan saya akan membahas tentang cara dalam blogging seperti mendesain blog, script script mempercantik blog, membangun pemirsa anda dan masih banyak lagi artikel untuk anda di tulisan saya selanjutnya.

Jika tulisan ini bermanfaat, bantu saya menyebar luaskan artikel ini dengan menambahkan link jilidtiga di site anda. Ingat blogger adalah seorang penulis, jika anda hanya mengcopy paste artikel tampa menambahkan link sumber maka anda bukanlah seorang blogger.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Search This Blog

Bantu menyebar luaskan jilid tiga melalu like facebook anda

Video Minggu Ini

Popular Posts

Adsense IndonesiaAdsense Indonesia

Fanspage Jilidtiga