free components and galleries
Wednesday, October 3, 2012


JilidtigaMengapa bermain blog itu menyenangkan ? Sebenarnya pertanyaan tersebut adalah pertanyaan untuk anda yang pernah melakoni nya. Ya benar, mengapa menyenangkan menurut saya belum tentu menyenangkan menurut anda. Tapi jika anda bertanya kepada saya apakah bermain blog itu menyenangkan saja akan selalu menjawab “absolutely yes”.

Kenapa bermain blog itu menyenangkan menurut jilidtiga ? Namun sebelum saya menjawab itu kita kaji dulu apa itu blog sebenarnya. Saya telah uraikan pada artikel sebelum nya tentang “Sejarah blog dan perkembangannya”, namun akan saya jelaskan lagi dengan singkat. Blog itu menurut jilidtiga sama halnya web yang biasa anda lihat. Namun blog lebih terfokus dengan isi fikiran dan mood si penulis. Kenapa begitu? Blog biasanya terdiri dari satu penulis tunggal. Apapun intisari artikel blognya adalah isi hati si penulis, bisa berupa hal yang di kaguminya, hobby nya, ataupun cerita yang ingin di share dari surfing nya di internet.

Pernyataan saya di atas sebenarnya telah mewakili awal kecintaan saya terhadap blog. Saya memiliki minat menulis dan ingin menyampaikan nya ke banyak orang. Saya merasa bangga dengan ilmu yang saya miliki dan selalu ingin bercerita kepada orang lain. Lalu saya berfikir kenapa tidak saya buat suatu web gratis dan menampung semua yang ingin saya sampaikan disana? Inilah awal mula kecintaan saya terhadap blog.

Banyak yang berfikir seperti saya. Namun mereka selalu behenti di tengah jalan. Kenapa ? Karna mindset atau niat mereka telah salah sebelum nya. Yang mereka fikirkan adalah “saya ingin membuat blog” tampa memikirkan blog apa yang akan mereka buat dan tema apa yang dapat mereka tekuni. Nah ini adalah pertanyaan yang sangat penting sebelum anda membuat dan mencintai sebuah blog.

Anda harus tahu minat anda terlebih dahulu. Apa yang anda sukai, hobby apa yang anda sukai, kemampuan apa yang benar benar anda kuasai, atau hal apa yang membuat anda yakin untuk berbagi. Ya, sebelum anda membuat blog anda harus menjawab semua itu. Kenapa? Agar blog anda tidak mati di tengah jalan. Agar anda tidak kehilangan sumber artikel yang akan anda buat selanjutnya.

Hal di atas harus benar benar anda pikirkan sebelum anda menuju tingkat mencintai dan dicintai. Seperti layaknya seorang pacaran bukan? Jika anda sudah yakin dengan apa yang ingin anda sampaikan, tulisan yang benar benar anda kuasai maka membuat blog itu sangat lah gampang. Semisalkan anda sangat pintar memasak dan mencoba sesuatu yang baru tentang memasak maka itu bisa anda jadikan tema dan topic blog anda. Dengan sesuatu yang anda kuasai akan membuat anda mudah memulai artikel artikel blog anda. Sehingga menulis di blog anda tidak menjadi beban yang akhirnya membuat anda meninggalkan apa yang anda mulai.

Setelah anda menemukan ide dan topic yang cocok untuk blog anda sesuai dengan sesuatu yang anda kuasai maka saya yakin anda akan mulai mencintai bermain blog. Kenapa? Karna anda juga tak akan diam di situ saja. Anda akan merasa tidak akan pernah puas sekedar menulis saja. Anda akan mulai kawatir dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan blog anda seperti desain blog anda, bagaimana orang menemukan blog anda, dan bagaimana menjadikan blog anda nomor satu. Hal ini akan membuat anda belajar lagi. Anda akan mencari disana sini agar kekawatiran anda tadi terpenuhi. Dan anda akan kerja keras untuk mewujudkan semua itu.

Disinilah awal kecintaan anda terhadap blog akan timbul. Anda akan merasakan bagaiman menyenangkan bermain blog itu. Bagaimana menyenangkan membuat tulisan dengan topic yang kita kuasai. Bagaimana menyenangkan merancang blog kita sesuai dengan tema kita. Bagaimana menyenangkannya menjadikan blog kita di deretan teratas mesin pencari. Dan bagaimana menyenangkan nya belajar itu semua.

Semua yang saya jabar kan di atas adalah hal yang pernah terjadi terhadap saya. Begitu banyak blog saya buat dan saya tinggalkan karna mindset awal yang salah. Mindset saya saat membuat blog hanya sekedar membuat dan setelah saya mampu saya akan tinggalkan sampai saya lupa alamat blog itu sendiri. Itu semua karna saya tidak menemukan topic dan tema yang cocok dan saya kuasai sebelum saya membuat blog.

Jadi untuk anda yang biasa membuat dan meninggalkan blog begitu saja sekarang saat nya berubah. Membuat blog itu sangatlah gampang. Bisa anda baca di “cara membuat blog di blogspot”, dan setelah itu anda akan berkata membuat blog itu semudah membuat akun facebook anda. Benar bukan? Namun yang sangat sulit itu adalah menemukan topic dan temanya. Jadi temukan topic dan temanya dahulu yang anda kuasai dan sesuai dengan hobby anda maka untuk selanjutnya akan membimbing anda sendiri.

Setelah anda melakukan apa yang saya sampaikan di atas, anda akan menemukan kecintaan dalam bermain blog itu sendiri. Nama anda akan di kenal sebagai funder atau penemu sebuah blog yang di dikunjungi oleh banyak pemirsa. Anda akan diakui sebagai seorang pakar sesuai dengan artikel artikel yang telah anda buat. Akan ada ketertarikan pemasang iklan di blog anda dan akhirnya kita akan membicarakan rupiah dan dollar hasil dari kerja keras anda. Bukan kah itu menambah kecintaan anda terhadap blog?
Comments
2 Comments

2 komentar:

Unknown said...

tes oke

Unknown said...

@yuspian chandraoke

Search This Blog

Bantu menyebar luaskan jilid tiga melalu like facebook anda

Video Minggu Ini

Popular Posts

Adsense IndonesiaAdsense Indonesia

Fanspage Jilidtiga