free components and galleries
Thursday, September 6, 2012


Jilidtiga - Pada Postingan sebelumnya kita telah bahas tentang pembuatan akun Google atau Gmail secara lengkap dan jelas. Sekarang saya akan membahas pendaftaran pada Blogger. Saya mengasumsikan bahwa anda telah paham dan telah memiliki sebuah akun Google yang nantinya akan kita daftarkan pada Blogger. Untuk anda yang belum memiliki akun Google silahkan baca tutorial "Cara membuat blog di Blogger - Bag.1" .

1. Sekarang kita khusus membahas tuntas pendaftaran pada Blogger. Buka browsing anda ( mozilla, google crome, dll ) dan ketikan pada urlnya "blogger.com" atau anda bisa klik Blogger ini langsung. Anda akan di arahkan pada halaman log in Blogger, disana anda akan diminta untuk mengisi email dan password atau sandi anda. Masukan email dan sandi yang telah anda buat pada akun Google/Gmail sebelumnya. Lalu anda pilih masuk atau log in.

Klik gambar jika kurang jelas.
 2. Setelah anda masuk atau log in anda akan di hadapkan pada bagian verifikasi akun Gmail anda, disinilah anda memerlukan no phone yang anda daftarkan pada pembuatan akun Gmail sebelum nya. Masukan no phone anda dan pilih opsi pesan teks lalu klik kirim kode verifikasi.

Klik gambar jika kurang jelas.

3. Kode aktifasi akan anda terima secara sms, biasanya terdiri dari 6 angka. Angka inilah yang anda masukan kedalam kolom kode verifikasi dan klik verifikasi. Kadangkala permintaan verifikasi email ini juga bisa terjadi saat anda selesai melakukan pengisian form pembuatan akun Gmail. Jika anda sebelumnya telah melakukan verifikasi email maka saat anda masuk ke Blogger anda tidak akan diminta melakukan verifikasi lagi.

Klik gambar jika kurang jelas.

4. Setelah anda melakukan konfirmasi anda akan dikembalikan ke halaman log in dan anda diminta untuk mengisi password lagi. Setelah anda log in untuk kedua kalinya anda akan di hadapkan pada halaman selamat datang, cukup anda klik lanjutkan jika anda tidak ingin membacanya.

Klik gambar jika kurang jelas.

5. Walhasil anda telah berhasil membuat sebuah akun pada Blogger. Sekarang anda lanjutkan untuk membuat sebuah blog. Disini ada menu akun blog anda, disinilah judul blog anda disimpan. Satu akun Blogger bisa menciptakan lebih dari satu judul blog. Contohnya pada akun saya, saya memiliki dua blog sekaligus. Yang pertama adalah jilidtiga.blogspot.com dan softni.blogspot.com . Sekarang anda klik blog baru untuk memulai membuat blog.

Klik gambar jika kurang jelas.
6. Setelah itu anda akan di bawa pada halaman pembuatan blog. Dsini anda akan mendaftarkan judul blog, alamat blog, dan template atau tema blog.

Klik gambar jika kurang jelas.

Disini ada beberapa hal yang harus anda isi. Saya akan jelaskan secara singkat.
  • judul : judul blog anda, bisa anda sesuaikan dengan tema, hobi, atau nama anda. Misalkan JILID TIGA ataupun yang anda ingin kan.
  • alamat blog : Alamat blog ini mempunyai karakter sendiri, yang artinya alamat blog anda tidak boleh menggunakan alamat yang telah terdaftar. Setelah anda isi akan ada tulisan dibawahnya yang menyatakan alamat blog ini tersedia atau tidak tersedia. Jika tidak tersedia maka alamat itu telah digunakan sebelumnya.
  • template : ini adalah tampilan dari blog anda atau tema dari blog anda. anda cukup klik template yang anda suka.
  • terakhir anda cukup klik buat blog dan blog anda telah jadi.
7. Anda akan kembali pada halam Blogger anda dengan blog yang telah terdaftar. Jika anda ingin membuat blog dengan judul dan alamat yang berbeda anda cukup klik buat blog. Jika anda ingin masuk ke halaman dasborn atau ikhtisar anda klik judul blog anda. Jika anda ingin melihat tampilan blog anda kilik lihat blog.

Klik gambar jika kurang jelas.

8. Klik judul blog anda dan anda akan di bawa pada halaman pengaturan menu blog. Disinilah anda akan memulai mengedit, menambahkan posting, dan pengaturan lainya.

Klik gambar jika kurang jelas.

Pada halaman diatas terdapat menu menu yang akan membatu anda dalam memulai membuat postingan, mengedit tampilan blog, atau pun setingan lainnya. Dan di bagian sebelah kanan adalah grafik jumplah pemirsa anda. Berapakah peningkatan jumlah pemirsa anda setiap harinya ? Itu semua tergantung bagaimana anda mengelola blog anda.

Bagaimana untuk menggunakan menu menu tersebut dan apa fungsi setiap menu menu tersebut akan saya bahas pada postingan selanjutnya.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Search This Blog

Bantu menyebar luaskan jilid tiga melalu like facebook anda

Video Minggu Ini

Popular Posts

Adsense IndonesiaAdsense Indonesia

Fanspage Jilidtiga