free components and galleries
Friday, September 7, 2012


Jilidtiga - Pada postingan sebelumnya saya telah menjelaskan bagaimana membuat sebuah blog sendiri. Mulai dari pendaftaran akun Gmail, pendafran akun Blogger samapai dengan menciptakan sebuah blog. Sekarang saya akan menjelaskan satu persatu fungsi pada menu menu akun blog anda. Menu menu inilah yang nanti nya membantu anda dalam mengelola sebuah blog.

Klik gambar jika kurang jelas.

Pada gambar di atas saya menandakan 2 bagian penting saat anda pertama masuk ke akun blog anda. Pertama adalah menu pengaturan blog dan yang kedua statistik pemirsa blog. Kali ini saya akan membahas tuntas fungsi setiap menu menu yang terdapat pada blog anda.

1. Entri baru : menu ini berfungsi untuk menambah postingan. Jika anda klik menu ini anda akan di arahkan pada halaman lembar kerja penulisan. Disinilah anda menulis yang nanti nya akan di posting pada halaman blog anda.
Klik gambar jika kurang jelas.

Gambar di atas adalah halaman lembar kerja penulisan anda. Ada beberapa bagian yang saya tandai, dan akan saya bahas satu persatu.
  • Judul postingan anda, ini adalah kolom dimana anda akan menamakan judul postingan anda. Contohnya adalah "Cara membuat blog di Blogger"
  • Menu penulisan, anda bisa melakukan penulisan secara langsung ataupun secara html. Anda bisa menambahkan table ataupun fungsi html lain dengan lembar kerja html ini.
  • Pengaturan tulisan, disini anda bisa mengubah style tulisan anda ataupun menambahkan gambar serta vidio. Pada pengaturan tulisan ini juga terdapat fungsi link.
  • Lembar kerja penulisan, disinilah anda mulai menulis apapun yang akan anda tulis, atau memasukan gambar dan vidio.
  • Menu pengaturan, terdapat beberapa pengaturan untuk tulisan anda seperti label yang berfungsi mengkatagorikan postingan anda. Seperti "tulisan cara membuat blog" berlaber blog dan tutorial.
  • Yang terakhir pubilkasikan, untuk mempublikasikan atau menampilkan pada halaman blog anda.
2. Selanjutnya adalah menu post. Pada menu ini anda akan melihat daftar postingan postingan yang telah anda buat dan juga anda bisa melihat jumlah post yang telah anda buat. Disini anda bisa menghapus atau menyembunyikan post yang tidak anda inginkan untuk di tampilkan pada halaman blog anda.

Klik gambar jika kurang jelas.

3. Menu laman adalah menu untuk menapilkah laman pada halaman blog anda. Pada gambar di bawah ini saya telah menandai beberapa hal penting. Standar laman pertama adalah beranda atau menu, anda bisa merubah namanya sesuai keinginan anda. Anda juga bisa menambah laman pada tombol laman baru. Anda bisa menampilkan dan menyembunyikan laman dengan pilihan jangan tampilkan laman.

Klik gambar jika kurang jelas.

4. Komentar, disini semua komentar pembaca terhadap postingan anda dikumpulkan. Anda bisa menghapus apabila ada komentar yang tidak ingin anda tampilkan pada halaman blog anda.

Klik gambar jika kurang jelas.

5. Google + adalah halaman sosialisi untuk anda pemegang akun Gmail. Disini anda bisa menambah foto atau informasi anda. Informasi tentang anda bisa anda tampilkan pada halaman blog anda. Saya menyarankan hati hati untuk memberikan informasi tentang anda karna saat anda menampndilkan pada blog, setiap orang akan tahu apapun mengenai anda. Disinilah biasanya para hacker mencari informasi untuk mencuri akun anda.

Klik gambar jika kurang jelas.

6. Statistik anda dihitung tiap detiknya. Lihat perkembangan blog sudah seberapa ramaikah blog anda. Anda bisa melihat para para pemirsa blog berdasarkan postingan yang paling di minati ( post ), jenis sistem operasi dan browser yang mereka gunakan ( sumber lalu lintas ), atau negara pengunjung blog anda ( pemirsa ).

Klik gambar jika kurang jelas.

7. Tata letak. Blogger memanjakan para penggunanya dengan mempermudah anda dalam menata letak tampilan halaman blog anda. Anda bisa dengan gampang menyeret dan menukar posisi tampilan anda atau anda juga bisa menampah gadget yang anda ingin kan. Blogger menyediakan banyak gadget standar untuk mempercatik blog anda. Untuk pembahasan teknik mendesain blog akan saya bahas lebih dalam pada postingan berikutnya.

Klik gambar jika kurang jelas.

8. Template adalah menu untuk anda dalam mengubah dan mengedit tampilan blog anda. Anda bisa merubah background, warna latar, warna tulisan, tampilan blog atau apapun yang berhubungan dengan tampilan blog anda. Ada dua pilihan saat anda ingin merubah tampilan blog anda. 
 Klik gambar jika kurang jelas.

Pertama melalui antar muka dimana anda cukup memilih sesuai dengan yang anda ingin kan. Kedua melalui edit html, dengan menu ini anda lebih leluasa dalam mengedit blog anda. Namun dengan cara kedua ini anda rentan melakukan kesalahan yang mengakibatkan blog anda rusak dan tidak tampil. Selalu backup script html anda pada opsi cadangkan / pulihkanjika anda mengedit htm.
9. Menu terakhir adalah menu setingan. Pada menu ini terdapat semua setingan untuk blog anda, dimulai dari perubahan nama blog anda, perubahan alamat blog anda, pengaturan komentar, penambahan penulis blog selain anda, bahasa blog, ataupun penambahan pengaturan pada google bot untuk kata kunci blog anda.

Klik gambar jika kurang jelas.

 Untuk melakukan perubahan pengaturan saya menyarankan untuk hati hati dalam penggunaannya. Karna ada sebagian pengaturan yang sangat rentan kesalahan. Bisa mengakibatkan blog anda di abaikan oleh mesin pencari atau berkurangnya pembaca pada blog anda.
Sekian lah pembahasan saya untuk menu dan fungsi nya, sekarang anda bisa mengutak atik sendir agar anda cepat memahaminya. Pada postingan berikutnya saya akan membahas sebagian fungsi menu diatas secara lebih mendalam. Membuat postingan dengan menambahkan fungsi html, mengubah dan mendesain blog sendiri, atau menjadikan blog sumber penghasilan bersama Google Adsanse pasti akan lebih menarik.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Search This Blog

Bantu menyebar luaskan jilid tiga melalu like facebook anda

Video Minggu Ini

Popular Posts

Adsense IndonesiaAdsense Indonesia

Fanspage Jilidtiga