free components and galleries
Friday, September 14, 2012


Jilidtiga - Beberapa hari yang lalu saya sempat berbincang dengan teman saya tentang bagaimana meng-ghost suatu partisi hardisk ke hardisk yang lain. Sebenarnya apa itu ghost dan apa fungsi nya ? Ghost adalah sebuah aplikasi yang sangat membantu anda dalam memback up data / partisi / hardisk serta merestore kembali ke partisi / hardisk yang lain. Jadi anda tidak perlu melakukan penginstalan berulang ulang pada setiap komputer, anda cukup menginstal pada salah satu hardisk lalu di ghost pada hardisk-hardisk yang lain. jika anda memiliki sebuah warnet dan anda harus menginstal ulang semua komputer, Repotkah ? Berapa lama kah ?

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi yang sejenis dengan ghost seperti macrium reflect, acronist dan yang lainnya. Menurut saya dari semua aplikasi yang ada saya lebih memilih menggunakan macrium reflect. Kenapa ? Karna ukuran file yang kecil untuk di download dan intruksi penggunaan yang sangat sederhana.

Saya menggunakan macrium reflect 4.2 versi free edition (32-bit). Bisa anda dowload disini jika belum memiliki. Saya akan mencoba memback up partisi c:/ pada komputer saya dan jika komputer saya butuh instal ulang saya cukup mengembalikan backup data yang telah saya buat. Jika anda telah memiliki software tersebuh saya akan bahas cara penggunaannya satu per satu.

1. Cara memback up partisi.
  • Saya berasumsi anda telah mendownload dan software telah terinstal pada komputer anda. Buka aplikasi macrium reflect, halaman antar muka macrium akan tampil. Untuk memback up data pilih icon menu create a back up image.
Klik gambar jika kurang jelas.
  • Pilih partisi yang akan di back up. Ada juga bisa memilih partisi pada hardisk lain yang terkoneksi.
 
Klik gambar jika kurang jelas.
  • Pilih local disk tempat anda akan menyimpan image yang akan di buat. Simpanlah pada partisi yang memiliki space lebih besar dari space yang akan di buat image. Hapus centang pada use the image... untuk memberikan nama image sesuai keinginan anda.
 Klik gambar jika kurang jelas.
  • Terakhir klik finish, pembuatan image anda akan di proses. Tunggu hingga proses hingga 100% dan akan keluar pemberitahuan backup partisi anda sukses.
Klik gambar jika kurang jelas.
Data image anda akan tersimpan pada partisi yang telah anda pilih tadi dengan data berekstensi .(dot)rmimg .

2. Cara merestore partisi.
  • Data image yang telah anda buat tadi bisa anda restore pada partisi lain atau di hardisk lain. Dengan syarat partisi harus lebih besar dari image yang anda punya. Klik kanan pada image yang ingin anda restore lalu pilih restore partition.
Klik gambar jika kurang jelas.
  • Setelah itu macrium reflect akan muncul dengan menunjukan partisi yang akan anda restore, cek list lalu pilih next. Selanjutnya anda akan di minta untuk memilih partisi baru tempat anda akan merestore, centang lalu pilih next.
 Klik gambar jika kurang jelas.
  • Selanjutnya anda tinggal next saja lalu klik finish. Biarkan sistem berjalan hingga 100% dan keluar pemberitahuan restore sukses.
Klik gambar jika kurang jelas.

Ghost menggunakan macrium reflect anda telah selesai. Silahkan coba booting dengan hardisk yang telah anda restore sebelumnya. Mempersingkat waktu bukan ?

Comments
0 Comments

0 komentar:

Search This Blog

Bantu menyebar luaskan jilid tiga melalu like facebook anda

Video Minggu Ini

Popular Posts

Adsense IndonesiaAdsense Indonesia

Fanspage Jilidtiga