free components and galleries
Wednesday, September 5, 2012


Jilidtiga - Blogger adalah salah satu web engine gratis yang dimiliki oleh Google untuk kita menciptakan blog sendiri. Karna Blogger dimiliki oleh Google maka untuk membuat sebuah blog di Blogger anda harus memilikii akun Google terlebih dahulu . Contoh akun Google adalah Gmail, jika anda sudah mempunyai akun Gmail anda bisa langsung mendaftar melalui Blogger.com. atau baca petunjuk nya disini. Jika dibandingkaan dengan pesaingnya, Wordpress bisa dibilang unggul dengan fitur fitur yang dimilikinya. Namun dengan kemudahan yang di berikan oleh Blogger tidak kalah nyamannya anda sebagai blogger yang masih awam.

Disini saya akan mengasumsikan bahwa anda masih awam dan belum memiliki akun Gmail sebagai sarat pendaftaran untuk blog di Blogger atau baca artikel disini untuk artikel yang lebih singkat. Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan akun Gmail.

1. Buka browser anda ( mozilla, i explorer, opera, google crome, dll ) tuliskan pada url nya "google.com" atau "google.co.id". Anda akan di bawa pada jendela Google. Untuk masuk kehalaman Gmail anda klik Gmail pada tab menu bagian atas.

Klik gambar jika kurang jelas.

2. Setelah anda klik Gmail anda akan di arahkan pada jendela Gmail. Disini terdapat 2 menu penting yaitu bagian untuk pendaftaran akun Gmail dan bagian untuk masuk ke akun Gmail anda. Saya masih berasumsi bahwa anda belum memiliki akun Gmail maka anda klik "create an accont" atau "ciptakan sebuah akun".

Klik gambar jika kurang jelas.

3. Anda akan di arahkan pada sebuah halaman pendaftaran. Pada halaman ini terdapat sebuah form pendaftaran yang harus anda isi dengan data pribadi anda. Saya sarankan untuk pengisian form pendaftaran ini dengan data yang sebenarnya karna data tersebut sangat berguna saat anda melakukan verifikasi data dan pengembalian akun anda yang hilang.

Klik gambar jika kurang jelas.

Pada gambar di atas saya hanya menampilkan sebagian yang harus anda isi. Sebenarnya masih banyak yang harus anda isi dan disini saya akan bahas satu persatu.
  • name : adalah nama anda yang terdiri dari dua kolom. Kolom pertama adalah nama depan anda dan kolom kedua adalah nama belakang anda. Apabila nama anda terdiri dari satu suku kata anda cukup mengisi kolom pertama saja.
  • choose your username : username anda, terdiri dari satu kolom. Ini adalah nama pengguna atau username yang akan menjadi alamat email anda dan akan anda gunakan untuk log in / masuk ke akun Gmail anda. Untuk pembuatan akun di Gmail, username akan otomasis menjadi "username anda"@gmail.com. 
  • create a password : disini anda akan diminta untuk mengisi sebuah password yang terdiri dari 8 karakter. Password bisa berupa gabungan huruf, angka, dan karakter. Hindari menggunakan karakter yang mudah di tebak seperti "12345678" agar akun anda tidak mudah di bobol dan setelah pengisian password akan keluar peringatan berapa kuat password anda.
  • confirm your password : untuk mengkonfirmasi password anda. Masukan password yang sama seperti password yang anda buat sebelumnya. Ini juga untuk memastikan apakah anda bisa mengingat password yang anda masumkan sebelumnya.
  • birthday : tanggal lahir anda, terdiri dari 3 kolom. Kolom pertama adalah bulan lahir anda, kolom kedua adalah tanggal lahir anda, dan kolom terakhir adalah tahun lahir anda. 
  • Gender : adalah jenis kelamin anda. Anda diminta memilih jenis kelamin anda, apakah anda pria (male) atau wanita (female).
  • phone : ini berati no telp anda, di awali dengan +62 untuk kode area Indonesia. Untuk no phone saya saran kan untuk mengisinya, karna no phone ini akan diminta saat anda mengkonfirmasi ulang akun anda.a
  • your current email address : alamat email anda yang lainnya. Bisa anda isi atau anda kosongkan bila anda belum punya satupun alamat email. Ini berfungsi untuk mengembalikan akun Gmail anda apabila anda kehilangan password atau lupa password anda.
  • type the two pieces of text : anda akan di hadapkan dengan dua kata buram di dalam kotak. Anda diminta untuk membaca kata tersebut dan menuliskan kembali pada kolom yang di sediakan. Saat anda mengetik kata yang salah, otomatis kata buram akan berubah dan anda diminta untuk mengetik ulang kembali. 
  • Anda akan diminta untuk menconteng dua buah kebijakan privasi dan terakhir anda klik next step atau lanjutkan.
4. Setalah anda melanjutkan anda akan di arahkan pada halaman selajutnya. Pada halaman ini anda akan di hadapkan pada 2 pilihan. Pilihan pertama jika anda ingin menambahkan foto pada akun Gmail anda. Untuk membuat pengguna Gmail lain bisa mengenali anda saat anda invate atau meminta pertemanan dengan mereka. Pilihan kedua adalah pilihan untuk melanjutkan. Mungkin anda sudah tidak sabar melihat akun anda telah jadi.

Klik gambar jika kurang jelas.

5. Terakhir anda akan di hadapkan dengan halaman selamat datang, anda cukup klik pilihan next step atau lanjutkan dan anda telah berhasil membuat sebuat akun di Google. Akun Gmail ini bisa anda manfaatkan untuk mengirim email ke teman anda atau siapapun.Namun untuk kali ini kita akan membahas sebagai sarat bergabung di Blogger saja.
Klik gambar jika kurang jelas.

Sekian dulu pembahasan saya untuk tahap pertama dalam pembuatan blog di Blogger.com, untuk pembahasan menuju ke Blogger akan saya bahas pada postingan selanjutnya. Cara membuat blog di Blogger bersambung pada postingan berikutnya.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Search This Blog

Bantu menyebar luaskan jilid tiga melalu like facebook anda

Video Minggu Ini

Popular Posts

Adsense IndonesiaAdsense Indonesia

Fanspage Jilidtiga