Wednesday, September 12, 2012


Jilidtiga - Terbayangkah oleh anda saat ingin mengcopy suatu file dari laptop teman ke laptop anda sedangkan anda tidak memiliki flasdisk ? Apakah anda harus pulang untuk mencari flasdisk terlebih dahulu? Atau menunda untuk mengcopy data di hari selanjutnya ? Jika laptop anda memiliki wifi dan masih berfungsi baik, kenapa tidak kita manfaatkan sebagai alat bantu sharing data. Sangat mubazir bukan?

Untuk melakukan sharing data menggunakan wifi pada windows 7 tidak lah begitu sulit. Ada beberapa konfigurasi yang mesti anda lakukan terlebih dahulu.

1. Anda harus memiliki wifi yang masih layak berfungsi, dalam artian masih bisa menagkap sinyal wifi di sekitar anda. Juga pastinya harus ada 2 atau lebih laptop yang akan di uji coba.

2. Instal connectify di salah satu laptop yang akan di sharing. Dowload disini jika anda belum punya dan baca panduan nya disini. Namun jika anda tidak ingin menggunakan software tambahan anda bisa melakukan configurasi pada salah satu laptop sebagai pemancar jaringan wifi. Baca disini untuk melakukan configurasi.

3. Saya asumsikan bahwa anda telah menginstal connectify atau telah mengconfigurasi pemancar jaringan wifi ( hotspot ) pada salah satu laptop. Buka windows explorer anda dan pilih salah satu folder atau partisi hardisk yang akan anda sharing. Klik kanan – pilih share with – advanced sharing. Atau Klik kanan pada folder - pilih properties - klik tab sharing.

 Klik gambar jika kurang jelas.

4. Akan muncul jendela propeties pada posisi menu tab sharing dan klik advanced sharing.

 Klik gambar jika kurang jelas.

5. Centang opsi share this folder dan terakhir pilih ok. Pada partisi atau folder yang disharing akan muncul icon share yang artinya data anda telah siap untuk berbagi.

 Klik gambar jika kurang jelas.

6. Ataur passwor pada laptop yang telah di sharing datanya untuk memberi keamanan data dan memberi izin pengguna laptop yang lain untuk masuk. Klik start windows – control panel – user accounts and family safety (view by : category ) – user accounts – create a password for you account – Isi password anda dan confirm password – terakhir klik create password.

Klik gambar jika kurang jelas.

Laptop yang di share datanya harus memiliki password pada user account. Jika tidak, pengguna lain tidak akan dapat masuk ke folder atau partisi yang di share.

7. Pada laptop yang akan mencopy data, buka windows explorer – klik network. Akan ada pemberitahuan “this computer is not connect to a network. Clik to connect”, Klik pemberitahuan tersebut dan klik open network and sharing center. 

Klik gambar jika kurang jelas.

8. Akan keluar dua user account. User account yang pertama adalah user account laptop anda dan satu lagi adalah user account laptop data yang di sharing. Klik pada user account data yang disharing, akan muncul jendela password. Isi user account beserta password seperti contoh user account saya adalah JILID TIGA dan password adalah dirahasiakan. Folder atau hardisk yang di sharing akan tampil dan silahkan masuk untuk mengcopy file didalamnya.

Perhatian : jangan mengcopy folder file atau partisi secara langsung karna itu hanya sebuah shortcut tetapi copylah isi didalam folder atau partisi tersebut.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Ikuti Lewat Email

Search This Blog

Loading...

Bantu menyebar luaskan jilid tiga melalu like facebook anda

Video Minggu Ini

Popular Posts

Fanspage Jilidtiga